Friday, September 20, 2013

Apa itu BITCOIN?




Mungkin akhir-akhir ini Anda sering mendengar istilah Bitcoin, bahwa Bitcoin akan mengguncang ekonomi global dan lain lain. Tapi, apa itu Bitcoin sebenarnya? Ya, itu adalah uang online- sebuah alternatif lain untuk dollar dan euro.  Hmm, maksudnya?
Bitcoin adalah mata uang digital anonim
Bitcoin bukan uang sebenarnya. Itu hanya sebuah mata uang online –virtual token yang bisa ditukar dengan barang dan jasa di tempat-tempat tertentu yang menerimanya. Sama seperti dollar atau euro, hanya saja ia tidak memiliki nomor seri atau mekanisme yang memungkinkan untuk digunakan untuk melacak pembeli atau penjual.
Impian Besar
Dalam sebuah Youtube Manifesto, pencipta Bitcoin menyatakan mereka akan merevolusi keuangan global dengan cara yang sama ketika web menggantikan percetakan. Jadi, tujuannya ialah menjadi mata uang global!
Tidak Ada Otoritas Sentral
Memang ada software yang tengah mengembangkan kode Bitcoins, tapi tidak ada Central Bitcoin Bank, tidak ada yang membekingi Bitcoins dan benar-benar tidak ada regulasi.
Sistem P2P
Jika Anda menulis cek untuk orang lain, uang dari akun bank Anda ditarik dan kemudian ditransfer ke bank orang lain tersebut, baru lah seseorang yang Anda tulisi ceknya bisa mengambil uang kas. Dengan BitCoin, tidak aka nada pihak ketiga. Uang akan langsung dikirim ke orang yang bersangkutan.
Dihasilkan oleh penggunanya
Alat tukar/uang biasanya diwakili oleh sesuatu. Entah emas, perak atau apapun. Bitcoin terbuat dari udara dan sifatnya virtual. Didapatkan dari proses yang disebut mining, sebuah aplikasi di dalam komputer Anda membuatnya Bitcoin dengan sangaaaat lama.
Ketika sejumlah koin baru siap, mereka aka didistribusikan kepada siapapun yang memiliki kekuatan computing tertinggi dalam proses mining. Sistem ini dibatasi sehingga tidak akan ada lebih dari 21 juta Bitcoins yang ada di dunia ini.
Dimana Bitcoins diterima?
Saat ini hanya sedikit tempat di dunia ini yang menerima Bitcoins. Tapi seiring populernya Bitscoin, hal ini akan berubah. Ada insentif yang layak bagi bisnis yang menerima Bitcoins. Saat ini, Anda bisa membeli jasa desain web, PC games indie, perhiasan buatan tangan, senjata dan bahkan kokain dengan Bitcoin.
Bisa dikonversi ke uang “nyata”
Sama seperti dengan membeli yen dari rupiah, Anda pun bisa menukar Bitcoins Anda dengan beberapa “mata uang nyata”. Dan saat ini, perdagangan Bitcoins sedang melambung! Tahun 2011 lalu, satu Bitcoin setara nilainya dengan $7.50. saat ini melampaui $250, dan akan terus naik. Tapi seperti gelembung sabun, uang digital ini bisa saja kolaps setiap saat.
untuk lebih jelasnya anda bisa melihatnya disini atau disini
atau bisa juga dengan melihat video ini.


apabila anda tertarik, anda bisa melihat cara membuat akun bitcoin disini

No comments:

Post a Comment